photo banner_kk_468x60_zps35c9be2b.gif

Thursday, April 11, 2013

Puding Roti Lapis Strawberry

Udah lama banget yaa ngga nulis blog lagi, ini tulisan kedua ku ;)

Sabtu malam kemarin tepatnya tanggal 6 April kepengen banget bikin puding roti, akhirnya googling mana yaa resep yang enak, akhirnya hatiku tertambat di cakefever.com soalnya review nya detail dan lengkap, jadi pastinya dia udah nyobain bikin sendiri resepnya.


Ini nih resepnya (udah dimodifikasi ala saya & kakak saya ;)


Bahan2:

8 lembar roti tawar (saya pake roti gandum)
butter --> untuk olesan roti dan dicairkan sedikit untuk disiram di atas roti, aku pakai margarin, butternya habis ;)
selai strawberry -->untuk olesan roti, sesuai selera aja yaa banyaknya, bisa juga diganti sama selai jeruk/blueberry/kacang/nanas
1 cup kismis -> saya seadanya yang di rumah aja :)
3 sendok makan gula pasir
3 sendok teh kayumanis bubuk
2 telur --> saya jadinya pakai 3 telur karena masih cair kalau pake 2 telur
2 1/2 cup susu

*bisa ditambahkan irisan almond untuk hiasan diatasnya, boleh juga di mix dengan meses dan keju


How to:

1. panaskan oven 180C -> saran saya langsung aja 350C karena lama banget kalo 180C hampir 2 jam tapi puding belum mengental jadinya dirubah ke 350C
2. siapkan wadah tahan panas seperti pyrex atau wadah dari aluminium foil
3. oleskan salah satu sisi roti dengan mentega dan sisi lainnya dengan selai kemudian tangkupkan sisi roti berselai, sehingga sisi yang ada olesan menteganya dibagian luar. Lakukan untuk semua roti yaa 
4. potong-potong roti sesuai selera, kalau saya bentuknya dadu kecil-kecil. Susun rapi di dalam wadah.
5. taburkan kismis di sela-sela roti. Siram irisan roti dengan mentega yang sudah dicairkan sebagian biar lebih gurih rasanya atau boleh juga roti direndam dengan mentega cair lebih dulu.
6.  Campur bubuk kayu manis dengan gula pasir, taburkan diatas potongan roti. 
7. kocok telur, masukkan susu setelah telurnya terkocok rata, tuang campuran susu dan telur ke wadah yang sudah berisi roti.
8. setelah itu diamkan 20-30 menit (jangan langsung di oven yaa, nanti susu dan telurnya ngga mengental trus rotinya malah kering 
9. setelah cairan terserap, panggang puding 45 menit. Kenyataannya karena pakai suhu 180C jadinya 
lama banget akhirnya suhu dinaikin jadi 350C

Ps: saya jadinya bikin 2 varian yaa, yang satu pakai kismis & almond, yang satu lagi meses dan keju


Katanya hoax kan kalo ngga ada fotonya, ini fotonya tapi amatiran hehehe. Yang paling atas yg versi meses+keju, nah yang paling bawah versi kismis+almond (favorit saya)



Menurut saya sih lebih enak yang ditaburi kismis dan almond ya, ada tambahan rasa asem manis dan gurih kacang almond. Tambahan selai strawberry di resep ini emang pass banget bikin seger, next akan bikin dengan selai orange marmalade aahh, nanti tunggu review an saya lagi yaaa.


Cuma bertahan sehari aja 2 loyang langsung ludess sama orang-orang di rumah :)