photo banner_kk_468x60_zps35c9be2b.gif

Thursday, April 11, 2013

Rice Pudding.. Akhirnya Jadi Juga

Terobsesi tepatnya sama si rice pudding ini a.k.a puding nasi. Jadi ceritanya dulu pernah bikin puding nasi pakai beras merah, bener-bener dimasak dari beras dan hasilnya gagal total, yang makan cuma saya dan karena terlalu banyak yaa dibuanglah tuh puding...hiks...hiks..

Akhirnya hari ini saya memutuskan untuk bikin si puding nasi, tentunya setelah survey di aplikasi recipes dan googling. Saya memutuskan pakai nasi yang sudah dimasak, masih trauma ceritanya gara-gara bikin pudingnya dari beras dan dimasak sampai jadi puding.

Ini resepnya gabungan dari beberapa resep yaa dan saya mix jadi ala Desi tentunya ;)
Simpel dan gampang banget pokoknya tapi rasanya manis, creamy dan enak, anak pertama saya Obi sampai nambah 2x loh! Saya pakai versi resep yang menggunakan nasi yang sudah matang dan dimasak ya jadi bukan beras, bisa pakai nasi kemarin yaa asal ngga basi loh ;)

Bahan2:
2 cup nasi
2 cup susu -> saya pakai susu kental manis yang diencerkan
3 sendok makan gula -> saya hanya pakai 2 sdm gula pasir
1/8 sendok teh garam
1 sendok makan vanilla
bubuk kayu manis
2 butit telur
1 sendok makan butter
1 sendok makan margarin

How to:
1. kocok telur dalam mangkuk terpisah
2. masukkan nasi, susu, butter, margarin, gula pasir, garam ke dalam panci. Masak dengan api sedang sambil diaduk terus-menerus.
3. Ambil sedikit larutannya ke dalam kocokan telur, aduk rata, lalu tuang kocokan telurnya ke dalam panci yang berisi nasi dan yang lainnya.
4. Masak sampai puding mengental, lalu tambahkan vanilla. Tambahkan lagi susu kalau puding kurang creamy yaa.
5. Setelah mengental, angkat panci dari kompor lalu tuang puding ke dalam wadah.
6. Taburi puding dengan bubuk kayu manis

Ps: tambah enak kalau diberi kismis, irisan almond, atau kacang2an lainnya

Jadii deh puding nasinya, gampang kan buatnya? Rasanya manis, berasa kayu manis, tapi nasinya masih kurang lembut dan creamy nih. Saran saya di modifikasi yaa resepnya, nasinya jangan 2 cup tapi jadi 1 atau 1 1/2 cup, susunya ditambah lagi jadi 3 cup, butter/margarin jadi 3-4 sdm, jamin lebih creamy pastinya ;)